Posts

Pentingnya Farmasi Bagi Indonesia

Apoteker memainkan peran penting dalam sistem layanan kesehatan dan mencapai Cakupan Kesehatan Universal melalui penyediaan layanan kesehatan dasar yang berkualitas, khususnya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti Indonesia. Berikut gambaran komprehensif tentang pentingnya farmasi bagi Indonesia

Kapasitas Tenaga Kerja Farmasi di Indonesia

  • Pada tahun 2019, terdapat total 77.191 apoteker yang terdaftar di Indonesia.
  • Studi ini mengidentifikasi kesenjangan perencanaan tenaga kerja yang muncul untuk pengembangan kebijakan melalui kerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia dan Kementerian Kesehatan.
  • Terdapat perkiraan bahwa pada tahun 2030, perempuan akan mewakili sekitar 86% apoteker di Indonesia, yang menunjukkan adanya pergeseran gender yang signifikan dalam angkatan kerja farmasi.

Perawatan Pasien dan Kepatuhan Pengobatan

  • Peran apoteker dalam pelayanan pasien masih berkembang di Indonesia, dan pengakuan terhadap profesi apoteker dan pasien lainnya merupakan proses yang berkelanjutan.
  • Perluasan peran apoteker dalam pelayanan pasien diatur oleh Kementerian Kesehatan RI dan Ikatan Apoteker Indonesia melalui pedoman pelayanan kefarmasian di Puskesmas dan Rumah Sakit.
  • Memahami preferensi pasien dan apoteker terhadap layanan apoteker untuk meningkatkan kepatuhan pengobatan, khususnya di kalangan pasien diabetes, sangatlah penting.

Industri Kesehatan Masyarakat dan Farmasi

  • Pengeluaran Indonesia untuk bidang kesehatan lebih rendah dibandingkan rata-rata pengeluaran negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik serta kelompok negara berpendapatan menengah ke bawah.
  • Sistem pendanaan dan penyediaan obat-obatan pemerintah di Indonesia telah mengalami perubahan besar sejak tahun 2005, termasuk desentralisasi layanan kesehatan masyarakat, penetapan skema layanan kesehatan bagi masyarakat miskin, dan penerapan tender kompetitif untuk pengadaan obat-obatan pemerintah.
  • Industri farmasi dalam negeri di Indonesia terutama berfokus pada produksi dan pemasaran obat generik bermerek, generik, dan berlisensi dari perusahaan farmasi di luar negeri.

Penelitian dan Rekomendasi Masa Depan

  • Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami alasan di balik pemeringkatan layanan apoteker untuk memberikan lebih banyak wawasan mengenai penerapannya dalam praktik, khususnya dalam konteks Indonesia.
  • Rekomendasinya mencakup perlunya memberikan bukti kontribusi apoteker terhadap layanan kesehatan dan memajukan praktik farmasi komunitas di Indonesia.

Kesimpulannya, peran apoteker di Indonesia sangat penting bagi sistem layanan kesehatan, kesehatan masyarakat, dan kepatuhan pengobatan. Memperkuat tenaga kerja farmasi dan memahami preferensi pasien dan apoteker terhadap layanan apoteker sangat penting untuk meningkatkan hasil layanan kesehatan dan mencapai Cakupan Kesehatan Universal di Indonesia, anda tertarik dengan farmasi kunjungi website official pafisumbatimur.org